Selasa, 17 September 2013

Si Bau yang Bermanfaat

Bunga temblek ayam atau biasa dibilang juga bunga tahi ayam ini punya nama latin Tagetes. Bunga ini berkesan banget buatku....
Dulu pas masih kecil pernah diusilin sama saudara katanya kalau makan bunga ini bisa sehat.. ya namanya juga anak kecil nurut-nurut aja abis itu muntah2 karena pait banget. Gara-gara kejadian itu, aku rada sensi2 gimana gituuu kalau liat bunga ini. (padahal kan bunga ini gak salah ya?!? akunya aja yang mau dikibulin xixixi)

Jadi ceritanya kemarin tetangga depan datang ke rumah minta tanaman ini untuk anaknya yang masih batita itu kena sembelit. Aku baru tau ternyata bunga yang aku anggap bau dan sedikit sensi liatnya ini memiliki manfaat yang cukup bagus untuk balita. Bunga ini bisa menyembuhkan balita yang sakit perut, mencret bahkan sembelit. Caranya mudah, cukup ambil bunganya lalu gosok-gosokkan ke tangan hingga keluar seperti air patinya terus lumuri ke perut si bayi. 

Karena tetangga ku banyak tinggal ibu-ibu muda yang punya balita, akhirnya aku urungkan niat untuk mencabut bunga ini. Awalnya sih minggu besok bunga ini mau di bumi hanguskan dari halamanku (kejam banget ya hehehe) karena sudah terlalu bersemak dan terlalu tumbuh subur serta tidak indah menurutku (padahal sensi :p). Kalau sudah tau seperti ini, niat membuang bunga ini ditunda dulu deh, tunggu bunganya punya anakan biar bisa dipindahkan ke polibag. Jadi kalau ada yang mau, tinggal ambil tanamannya sekaligus untuk ditanam lagi ke rumahnya. Manfaatnya double kan?!?!?! :)


Well, ini cerita singkatku tentang bunga ini. Mulai saat ini aku gak bakal sensi2 lagi deh sama bunga ini xixixi..

Selamat berkebun teman!

Dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar